Kerugian Investasi Condotel, Pahami Bagi Calon Investor

Sabtu, Desember 31st 2016. | Tips & Trik

Bagi pebisnis investasi atau calon investor, tentu sudah mengenal investasi Condotel ini. Bisnis Condotel ini sangat menguntungkan tapi bisa jadi sebaliknya bisa terjadi kerugian besar melanda anda. Ada hal – hal yang perlu di pahami agar anda bisa memperoleh keuntungan investasi Condotel. Investasi properti bidang condotel, nah investasi ini akan menguntungkan anda tapi anda harus pahami ada beberapa aspek penyebab kerugian investasi Condotel anda.

kerugian investasi condotelApa sich Condotel itu ??

Condotel, perpaduan dari condominium hotel, ya mirip dengan apartemen, istilahnya rumah kecil ada ruang tamu, dapur, kamar tidur, kamar mandi. Perbedaan Condotel dan Apartemen, paling mencolok bila Condotel di sewakan layaknya hotel, sedangkan apartemen di tempati bisa di tempati sendiri. Anda bisa menempati Condotel selama 18-30 hari tergantung perjanjian dari pengelola. Berbeda pula dengan kosan yang hanya memiliki kamar, kalaupun ada kamar mandi dalam.  Investasi Condotel ibarat membeli rumah, lalu rumah tersebut di sewakan, pemilik tidak menempati rumah tersebut, ada pengelola profesional yang di tunjuk langsung dari perusahaan untuk mengelola Condotel anda. Jadi anda tak perlu memikirkan gaji pegawai, pemasaran, keuangan bisnis anda, enak bukan ?

pengalaman investasi condotelKeuntungan Investasi Condotel ??

1 Unit Condotel ini bisa anda harga kisaran 800 jt sampai milyaran tergantung dari kondisi bangunan. Harga ini akan terus merangkan naik seiring pertumbuhan ekonomi, inflasi dan perkembangan lingkungan sekitar. Setelah anda memiliki Condotel ada beberapa perjanjian dengan pengelola, yang meliputi keuntungan bagi hasil keuntungan sewa Condotel. Keuntungan pemilik dan pengelola misalnya 40:60, artinya keuntungan bersih di 40% pemilik, 60% pengelola tergantung kesepakatan awal. Dari keuntungan tersebut anda sudah bisa memiliki penghasilan bukan ??

Keuntungan selanjutnya harga Condotel ini akan terus naik, ini merupakan investasi jangka panjang, bisa memperoleh keuntungan sekitar 5 – 10 tahun. Bila anda berharap keuntungan di jangka pendek sepertinya kurang cocok bila investasi Condotel. Kenaikan harga pertahun kisaran 10-20 % per tahun dari harga Condotel yang anda beli, kalau pun tahun pertama bisa jadi 0% – 5% per tahun.

Selain itu keuntungan dari capital gain ( Keuntungan penambahan modal ) dari jual condotel anda miliki. Ada cerita beberapa pengalaman investasi Condotel. Saat membeli Condotel senilai 1 Milyar, setelah 2 tahun kemudian terjual 1,6 Milyar. Nah keuntungan dari penjualan condotel yang di dapat setelah terjual 600 juta ini belum termasuk keuntungan dari sewa.

Kerugian Investasi Condotel

Perlu dipahami Condotel itu bisnis jangka panjang, Anda bisa beli sekarang, bila anda jual pada bulan depan pasti anda rugi. Anda akan memperoleh keuntungan sekitar 3 – 10 tahun. Maka dari itu persiapkan dana besar yang memang benar-benar dana tersebut tidak di perlukan secara mendadak. Bila anda pinjam bank ukur kemampuan bayar angsuran anda.

Tips Membeli Condotel

Investasi ini nilainya besar sekali, maka dari itu anda perlu pahami beberapa hal, terutama Condotel yang anda beli, jangan sampai terjebak dengan Condotel  “ Abal – abal “. Memang banyak sich tawaran membeli investasi Condotel apa lagi dengan iming-iming keuntungan melimpah, yang tidak masuk akal. Selanjutnya terserah anda, pertimbangkan berbagai aspek sebelum berinvestasi.

Maka Dari Itu Ini Tips Terhindar dari Kerugian Saat Membeli Condotel :

Bagi pebisnis investasi, ataupun calon investor ada beberapa aspek yang perlu di pahami sebelum anda berinvestasi. Hal ini akan terjadi kerugian investasi condotel anda jika tidak memahami berikut ini.

Developer / Pengembang

investasi condotel rugiNah satu hal yang anda harus pahami, pertama siapa pengembang Condotel itu, anda harus tahu legalitas pengembang, marketing dari Condotel tersebut. Jangan sampai setelah membeli Condotel uang di bawa kabur marketing, atau Pengembang. Sebaiknya pahami latar belakang Pengembang jangan terjebak pengembang ” nakal “akan menyebabkan kerugian investasi Condotel.  Selain itu carilah devoleper yang konsisten tepat waktu dalam pembangunan, jangan sampai Condotel yang anda beli, pembangunan “ molor “ tidak selesai dari target selesainya. Ada beberapa pengembang yang benar-benar sudah punya nama besar dalam pengelolaan Condotel. Seperti Aston Group, tapi sebelum investasi Condotel Aston sebaiknya anda juga memahami aspek-aspek lain di bawah ini

Legalitas Usaha

Penting sekali anda tahu legalitas usaha, status tanah, perijinan, pajak, SIUP, NPWP dll apakah benar-benar ada. Anda akan rugi besar bila sudah memiliki Condotel, eh ternyata pengelola tidak membayar pajak, Condotel di segel tidak bisa beroperasi. Selanjutnya anda harus memahami berbagai perjanjian jual beli Condotel yang akan anda miliki.

Lokasi

Pertimbangan dalam memilih lokasi, lokasi Condotel yang terbaik terletak di sekitar tempat rekreasi, lokasi bisnis, pusat kota, pusat industri. Dengan lokasi yang strategis mempengaruhi tingkat hunian. Bila tingkat hunian Condotel anda ramai anda bisa memperoleh pendapatan jangka pendek. Maka dari itu pertimbangkan lokasi cari – cari informasi kira-kira ke depan akan di bangun apa saja di sekitar Condotel tersebut. Lokasi yang kurang strategis dapat menyebabkan kerugian investasi Condotel anda.

Status Bangunan

Nah ini tak kalah penting, anda harus pahami type Condotel yang anda beli. Secara umum Condotel ada 2 jenis.

Pertama Leasehold, Kepemilikan berjangka diatas tanah sewa, biasanya kisaran 20 – 50 tahun tergantung kesepakatan pengembang dan pemilik tanah.

Kedua Freehold, status tanah ini status kepemilikan melekat, pada tanah, bangunan, pohon, sumberdaya tanah, istilahnya SHM (Sertifikat Hak Milik).

Nah di diatas aspek-aspek dasar anda yang, ibarat medan tempur yang harus ada pahami sebelum terjun bisnis investasi Condotel, agar terhindar dari kerugian Investasi Condotel.

tags: , , , , , ,