Apa Itu Digital Forensik ?

Senin, September 12th 2016. | Tips & Trik

Tak banyak orang yang tahiu cabang ilmu ini, ya Digital Forensik, gabungan ilmu teknologi dan hukum pembuktian dari berbagai kasus. Saat ini yang namanya pemanfaatan teknologi informasi untuk membatu berbagai macam aktivitas yang dilakukan manusia semakin bisa membantu untuk meningkatkan kinerja dan juga efektivitas mereka. sehingga hal tersebut juga memberikan banyak sekali dampak yang positif.

digital forensikTeknologi digital ternyata tak hanya memberikan dampak yang positif saja bagi kehidupan manusia. Bisa jadi disalah gunakan oleh mereka yang orang-orang yang tak bertanggung jawab. Seperti tindakan kejahatan yang juga kini semakin marak dengan menggunakan berbagai macam teknologi yang semakin canggih tersebut. sehingga untuk membantu mengatasi berbbagai macam kasus dan juga persoalan hukum tersebut, dibutuhkan yang namanya Digital Forensik. Namun apakah anda tau apa itu apa itu digital Forensik?

Mungkin bagi orang awam, terutama yang buta dengan tekhnologi. Mereka masih cukup asing sekali mendengar yang namanya apa itu digital Forensik?. Dimana digital Forensik ini sendiri manfaatnya adalah untuk mendukung investigasi pada kejatahan yang terjadi. Terutama dan khususnya adalah kejahatan yang terjadi pada bidang cybercrime. Karena sebagian dari IT security dari digital Forensik tersebut menerapkan metode-metode tertentu, yang nantinya digunakan untuk menyelusuri bukti-bukti secara ilmiah. Digital forensik untuk membantu mengungkapkan sebuah kasus kejahatan yang sedang terjadi.

Beberapa contoh kasus yang bisa diungkapkan dengan bantuan dari digital Forensik ini, yaitu seperti kasus pembobolan ATM yang menggunakan skimmer, penyebaran video asusila para pejabat dan orang ternama, dan masih ada banyak lagi berbagai macam kasus-kasus kejahatan lainnya yang bisa diungkapkan dengan menggunakan bantuan dari digital Forensik.

Digital Forensik yang mengkombinasikan antara disiplin ilmu hukum dan juga komputer dalam mengumpulkan serta menganalisa dara yang didapatkan dari sistem komputer maupun jaringan ini sendiri memiliki beberapa tahapan.

Beberapa tahapan dari digital Forensik tersebut diantaranya yaitu :

  1. Pengumpulan data
  2. Pemeliharaan
  3. Analisis
  4. Presentas

Mengapa tahapan-tahapan tersebut dilakukan. Karena dengan melakukan beberapa tahapan tersebut tentu saja bisa membantu untuk menggambarkan metode dan digunakan untuk bisa mendapatkan informasi mengenai file yang telah dihapus, rusak dan yang lainnya. sehingga dengan menggunakan beberapa tahapan tersebut, tentu saja bisa mengungkapkan kasus kejahatan yang sedang terjadi tersebut. supaya bisa menentukan siapakah pelaku kejahatan yang melakukan tindakan kriminal tersebut. jadi kita pun tak bisa sembarangan saat menggunakan yang namanya teknologi. Terutama adalah teknologi digital,  internet atau komunikasi, yang saat ini semakin banyak saja yang menggunakannya.cabang-digital-forensikApalagi para pengguna social media yang banyak sekali belum terlalu paham mengenai UU IT. Jadi mereka pun sembarangan saja melakukan berbagai macam tindakan tak terpuji di social media. Jadi anda pun bingung lagi bukan mengenai Apa itu digital Forensik ?

Jadi bagi anda yang suka bermain di social media jangan gunakan social media tersebut untuk memprovokasi sara atau membuat ejekan hal ini akan membuat terjebak dalam hukum kriminal. Sekarang sudah ada undang-undang Hate Speech, nah lebih baik gunakan social media sebagai sarana bisnis & berbagai pengetahuan.

Gunakan teknologi untuk mencari penghasilan, caranya dengan membuat bisnis online, toko online menawarkan produk penjualan anda. Hal ini akan dapat bermanfaat bagi sesama bahkan keluarga bisa mendapatkan penghasilan. Semoga saja informasi yang sudah kami berikan ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan anda.

penghasilan online